 Facebook  ini sebenarnya dibuat sebagai situs jaringan pertemanan terbatas pada  kalangan kampus pembuatnya, yakni Mark Zuckerberg. Mahasiswa Harvard  University tersebut-kala itu-mencoba membuat satu program yang bisa  menghubungkan teman-teman satu kampusnya. Karena itulah, nama situs yang  digagas oleh Mark adalah Facebook. Nama ini ia ambil dari buku  Facebook, yaitu buku yang biasanya berisi daftar anggota komunitas dalam  satu kampus. Pada sejumlah college dan sekolah preparatory di Amerika  Serikat, buku ini diberikan kepada mahasiswa atau staf fakultas yang  baru agar bisa lebih mengenal orang lain di kampus bersangkutan.
Facebook  ini sebenarnya dibuat sebagai situs jaringan pertemanan terbatas pada  kalangan kampus pembuatnya, yakni Mark Zuckerberg. Mahasiswa Harvard  University tersebut-kala itu-mencoba membuat satu program yang bisa  menghubungkan teman-teman satu kampusnya. Karena itulah, nama situs yang  digagas oleh Mark adalah Facebook. Nama ini ia ambil dari buku  Facebook, yaitu buku yang biasanya berisi daftar anggota komunitas dalam  satu kampus. Pada sejumlah college dan sekolah preparatory di Amerika  Serikat, buku ini diberikan kepada mahasiswa atau staf fakultas yang  baru agar bisa lebih mengenal orang lain di kampus bersangkutan.
Pada  sekitar tahun 2004, Mark yang memang hobi mengotak-atik program  pembuatan website berhasil menulis kode orisinal Facebook dari kamar  asramanya. Untuk membuat situs ini, ia hanya butuh waktu sekitar dua  mingguan. Pria kelahiran Mei 1984 itu lantas mengumumkan situsnya dan  menarik rekan-rekannya untuk bergabung. Hanya dalam jangka waktu relatif  singkat-sekitar dua minggu-Facebook telah mampu menjaring dua per tiga  lebih mahasiswa Harvard sebagai anggota tetap.
Mendapati  Facebook mampu menjadi magnet yang kuat untuk menarik banyak orang  bergabung, ia memutuskan mengikuti jejak seniornya-Bill Gates-memilih  drop out untuk menyeriusi situsnya itu. Bersama tiga rekannya-Andrew  McCollum, Dustin Moskovitz, dan Chris Hughes-Mark kemudian membuka  keanggotaan Facebook untuk umum.
Sejak  kemunculan Facebook tahun 2004 silam, anggota terus berkembang pesat.  Prosentase kenaikannya melebihi seniornya, Friendster. Situs itu  tercatat sudah dikunjungi 60 juta orang dan bahkan Mark Zuckerberg  berani menargetkan pada tahun 2008 ini, angka tersebut akan mencapai 200  juta anggota.
Dengan  berbagai keunggulan dan jumlah peminat yang luar biasa, Facebook  menjadi ‘barang dagangan’ yang sangat laku. Tak heran, raksasa software  Microsoft pun tertarik meminangnya. Dan, konon, untuk memiliki saham  hanya 1,6 persen saja, Microsoft harus mengeluarkan dana tak kurang dari  US$ 240 juta. Ini berarti nilai kapitalisasi saham Facebook bisa  mencapai US$15 miliar! Tak heran, Mark kemudian dinobatkan sebagai miliarder termuda dalam sejarah yang memulai dari keringatnya sendiri.
Sumber : www.baliorange.web.id
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Jangan Lupa Tulis Komentarnya Gan: