Jumat, 18 September 2009
Materi Kesehatan: Stimulasi Perkembangan Anak
Tujuan tindakan memberikan stimulasi pada anak adalah untuk membantu anak mencapai tingkat perkembanagan yang optimal atau sesuai dengan yang diharapkan. Tindakan ini meliputi berbagai aktivitas untuk merangsang perkembangan anak, seperti latihan gerak, berbicara, berpikir, kemandirian dan sosialisasi. Stimulasi dilakukan oleh orang tua (keluarga) setiap ada kesempatan atau sehari - hari. Stimulasi disesuaikan dengan umur dan prinsip stimulasi.
Tindakan pemberian stimulasi dilakukan dengan prinsip bahwa stimulasi merupakan ungkapan kasih sayang, bermain dengan anak, berbahagia bersama; stimulasi dilakukan bertahap dan berkelanjutan, dan mencakup empat bidang kemampuan perkembangan stimulasi dimulai dari tahap yang sudah dicapai oleh anak; stimulasi dilakuakan dengan wajar, tanpa paksaan atau hukuman atau marah apabila anak tidak mampu melakukannya. Memberikan pujian bila anak berhasil; stimulasi dilengkapi dengan alat bantu sederhana dan mudah didapat, misalnya mainan yang dibuat sendiri dari bahan bekas, alat yang ada dirumah atau benda yang ada dilingkungan sekitar.
Bidang kemampuan perkembangan yang dipantau dan distimulasi :
1. Kemampuan bergaul dan mandiri ( BM )
2. Kemampuan berbicara, bahasa dan kecerdasan ( BBK )
3. Kemampuan gerak kasar ( GK )
4. Kemampuan gerak halus ( GH )
Bayi umur 0 – 3 bulan
Tugas perkembangan ( keterampilan yang harus dicapai ) :
1. Dapat menggerakkan kedua lengan dan kaki sama mudahnya ( GK )
2. Bereaksi dengan melihat kearah sumber cahaya ( GH )
3. Mengoceh dan bereaksi terhadap suara ( BBK )
4. Bereaksi senyum terhadap ajakan ( BM )
Stimulasi yang diperlukan pada bayi 0 – 3 bulan
1. Bergaul dan mandiri
Ajaklah bayi anda berbicara dengan lembut, dibuai, dipeluk, dinyanyikan lagu, dan lain lain
a. Bicara, bahasa dan kecerdasan
Ajaklah bayi anda berbicara, mendengarkan berbagai suara ( suara burung, radio, dan lain lain )
b. Gerak kasar
Latih bayi anda mengangkat kepala pada posisi telungkup dan memperhatikan benda bergerak
c. Gerak halus
Latih bayi anda mengenggam benda kecil
Bayi umur 3 – 6 bulan
Tugas perkembangan ( keterampilan yang haus dicapai )
1. Menegakkan kepala pada saat telungkup ( GK )
2. Meraih benda yang terjangkau ( GH )
3. Menengok kearah sumber suara ( BBK )
4. Mencari benda yang dipindahkan ( BM )
Stimulasi yang diperlukan pada bayi 3 – 6 bulan :
d. Bergaul dan mandiri
Latih bayi anda mencari sumber suara
e. Bicara, bahasa dan kecerdasan
Latih bayi anda menirukan suara/bunyi/kata
f. Gerak kasar
Latih bayi anda menyangga leher dengan kuat
g. Gerak halus
Latih bayi anda meraup benda kecil
Bayi umur 6 – 9 bulan
1. Tugas perkembangan ( keterampilan yang harus dicapai )
2. Ketika didudukkan dapat bertahan dengan kepala tegak ( GK )
3. Memindahkan benda dari tangan satu ketangan yang lain ( GH )
4. Tertawa/ berteriak melihat benda menarik ( BBK )
5. Makan biskuit tanpa dibantu ( BM )
Stimulasi yang diperlukan bayi 6 – 9 bulan
1. Gerak kasar: Latih anak berjalan dengan berpegangan
2. Gerak halus : Latih anak memasukkan dan mengeluarkan benda dari wadah
3. Bicara, bahasa dan kecerdasan: Latih anak menirukan kta kata
4. Bergaul dan mandiri: Ajak anak bermain dengan orang lain
Bayi umur 9-12 bulan
Tugas perkembangan
1. Berjalan dengan berpegangan ( GK )
2. Dapat meraup benda benda kecil ( GH )
3. Mengatakan dua suu kata yang sama ( BBK )
4. Bereaksi terhadap permainan “ ciluk ba “ ( BM )
Stimulasi yang diperlukan
1. Gerak kasar: Latih anak berjalan sendiri
2. Gerak halus: Ajak anak menggelinding bola : Gelindingan bola kearah anak dan inta agar ia mengelindingkannya kembali
3. Bicara, bahasa dan kecerdasan: Latih anak menirukan kata kata: Kenalkan kata kata baru sambil menunjukkan gambarnya.
4. Bergaul dan mandiri: Ajak anak mengikuti kegiatan keluarga, misalnya makan bersama
Bayi umur 12 – 8 bulan
Tugas perkembangan
1. Bejalan sndiri tidak jatuh
2. Mengambil benda kecil dengan ibu jari dan telunjuk ( GH )
3. Mengungkapkan keinginan secara sederhana ( BBK )
4. Minum sendiri dari gelas tidak tumpah ( BM )
Stimulasi yang diperlukan
Gerak kasar
Latih anak naik turun tangga
Gerak halus
Bermain dengan anak melmpar dan menangkap bola besar kemudian bola kecil
Bicara, bahasa dan kecerdasan
Lath anak menunjuk dan menyebutkan nama nama bagian tubuh
Bergaul dan berbicara
Beri kesempatankepada anak untuk melepaskana pakaiannya sendiri
Bayi umur 18 – 24 bulan
Tugas prkembangan
1. Berjalan mundur sedikinya lima langkah ( GK )
2. Mencorat coret engan alat tulis ( GH )
3. Menunjukan bagian tubuh dan menyebutkan namanya ( BBK )
4. Meniru melakukan pekerjaan rumah tangga ( BM )
Stimulasi yang diperlukan
Gerak kasar
Latih anak berdiri dengan satu kaki
Gerak halus
Ajari anak menggambar bulatan. Garis egutiga dan gambar wajah
Bicara, bahsa dan kecerdasan
Latih anak mengiui perintah sederhana
Bergaul dan mandiri
Latih anak agar mau ditinggalkan untuk sementara waktu
Anak umur 2 – 3 tahun
Tugas pekembangan
1. Berdiri dengan satu kaki tanpa berpegangan, sediitnya dua hitungan ( GK )
2. Meniru membuat garis lurus ( GH )
3. Menyatakan keinginan sedikitnya dengan dua kata ( BBK )
4. Melepas pakaian sendiri ( BM )
Stimulasi yang diperlukan
Gerak kasar
Latih anak melompat dengan satu kaki
Gerak halus
Ajak anak bermain menyusun dan menumpuk balok
Bicara, bahasa dan kecerdasan
Latih anak mengenal bentuk dan warna
Bergaul dan mandiri
Latih anak mencuci tangan dan kaki serta mengeringkan sendiri
Anak umur 3 – 4 tahun
Tugas perkembangan
1. Berjalan jinjit ( GK )
2. Membuat gambar lingkaran ( GH )
3. Mengenal sedikitnya satu warna ( BBK )
4. Mematuhi cara permainan sederhana ( BM )
Stimulasi yang diperlukan anak 3 - 4 tahun
Gerak kasar
Latih anak melopat dengan satu kaki
Gerak halusLatih anak mengunting dan membuat buku cerita dengan gambar
Bicara, bahasa dan kecerdasan
Latih anak mengenal bentuk dan warna
Bergaul dan mandiri
Latih anak mengenal sopan santun, beterima kasih, mencium tangan dan lain lain
Anak umur 4 – 5 tahun
Tugas perkembanagn
1. Berdiri dengan satu kaki ( GK )
2. Dapat mengancingkan baju ( GH )
3. Dapar bercerita sederhana ( BBK )
4. Dapat mencuci tangan sendiri ( BM )
Stimulasi yang diperlukan
Gerak kasar
Beri esempatan anak melakukan permainan yang memerlukan ketangkasan dan kelincahan
Gerak halus
Bantu anak menggambar
Bicara, bahasa dan kecerdasan
Bantu anak mengerti satu eparuh dengan cara membagikan kue / kertas
Bergaul dan mandiri
Latih anak untuk mandiri, misalnya bermain tangga.
Tindakan pemberian stimulasi dilakukan dengan prinsip bahwa stimulasi merupakan ungkapan kasih sayang, bermain dengan anak, berbahagia bersama; stimulasi dilakukan bertahap dan berkelanjutan, dan mencakup empat bidang kemampuan perkembangan stimulasi dimulai dari tahap yang sudah dicapai oleh anak; stimulasi dilakuakan dengan wajar, tanpa paksaan atau hukuman atau marah apabila anak tidak mampu melakukannya. Memberikan pujian bila anak berhasil; stimulasi dilengkapi dengan alat bantu sederhana dan mudah didapat, misalnya mainan yang dibuat sendiri dari bahan bekas, alat yang ada dirumah atau benda yang ada dilingkungan sekitar.
Bidang kemampuan perkembangan yang dipantau dan distimulasi :
1. Kemampuan bergaul dan mandiri ( BM )
2. Kemampuan berbicara, bahasa dan kecerdasan ( BBK )
3. Kemampuan gerak kasar ( GK )
4. Kemampuan gerak halus ( GH )
Bayi umur 0 – 3 bulan
Tugas perkembangan ( keterampilan yang harus dicapai ) :
1. Dapat menggerakkan kedua lengan dan kaki sama mudahnya ( GK )
2. Bereaksi dengan melihat kearah sumber cahaya ( GH )
3. Mengoceh dan bereaksi terhadap suara ( BBK )
4. Bereaksi senyum terhadap ajakan ( BM )
Stimulasi yang diperlukan pada bayi 0 – 3 bulan
1. Bergaul dan mandiri
Ajaklah bayi anda berbicara dengan lembut, dibuai, dipeluk, dinyanyikan lagu, dan lain lain
a. Bicara, bahasa dan kecerdasan
Ajaklah bayi anda berbicara, mendengarkan berbagai suara ( suara burung, radio, dan lain lain )
b. Gerak kasar
Latih bayi anda mengangkat kepala pada posisi telungkup dan memperhatikan benda bergerak
c. Gerak halus
Latih bayi anda mengenggam benda kecil
Bayi umur 3 – 6 bulan
Tugas perkembangan ( keterampilan yang haus dicapai )
1. Menegakkan kepala pada saat telungkup ( GK )
2. Meraih benda yang terjangkau ( GH )
3. Menengok kearah sumber suara ( BBK )
4. Mencari benda yang dipindahkan ( BM )
Stimulasi yang diperlukan pada bayi 3 – 6 bulan :
d. Bergaul dan mandiri
Latih bayi anda mencari sumber suara
e. Bicara, bahasa dan kecerdasan
Latih bayi anda menirukan suara/bunyi/kata
f. Gerak kasar
Latih bayi anda menyangga leher dengan kuat
g. Gerak halus
Latih bayi anda meraup benda kecil
Bayi umur 6 – 9 bulan
1. Tugas perkembangan ( keterampilan yang harus dicapai )
2. Ketika didudukkan dapat bertahan dengan kepala tegak ( GK )
3. Memindahkan benda dari tangan satu ketangan yang lain ( GH )
4. Tertawa/ berteriak melihat benda menarik ( BBK )
5. Makan biskuit tanpa dibantu ( BM )
Stimulasi yang diperlukan bayi 6 – 9 bulan
1. Gerak kasar: Latih anak berjalan dengan berpegangan
2. Gerak halus : Latih anak memasukkan dan mengeluarkan benda dari wadah
3. Bicara, bahasa dan kecerdasan: Latih anak menirukan kta kata
4. Bergaul dan mandiri: Ajak anak bermain dengan orang lain
Bayi umur 9-12 bulan
Tugas perkembangan
1. Berjalan dengan berpegangan ( GK )
2. Dapat meraup benda benda kecil ( GH )
3. Mengatakan dua suu kata yang sama ( BBK )
4. Bereaksi terhadap permainan “ ciluk ba “ ( BM )
Stimulasi yang diperlukan
1. Gerak kasar: Latih anak berjalan sendiri
2. Gerak halus: Ajak anak menggelinding bola : Gelindingan bola kearah anak dan inta agar ia mengelindingkannya kembali
3. Bicara, bahasa dan kecerdasan: Latih anak menirukan kata kata: Kenalkan kata kata baru sambil menunjukkan gambarnya.
4. Bergaul dan mandiri: Ajak anak mengikuti kegiatan keluarga, misalnya makan bersama
Bayi umur 12 – 8 bulan
Tugas perkembangan
1. Bejalan sndiri tidak jatuh
2. Mengambil benda kecil dengan ibu jari dan telunjuk ( GH )
3. Mengungkapkan keinginan secara sederhana ( BBK )
4. Minum sendiri dari gelas tidak tumpah ( BM )
Stimulasi yang diperlukan
Gerak kasar
Latih anak naik turun tangga
Gerak halus
Bermain dengan anak melmpar dan menangkap bola besar kemudian bola kecil
Bicara, bahasa dan kecerdasan
Lath anak menunjuk dan menyebutkan nama nama bagian tubuh
Bergaul dan berbicara
Beri kesempatankepada anak untuk melepaskana pakaiannya sendiri
Bayi umur 18 – 24 bulan
Tugas prkembangan
1. Berjalan mundur sedikinya lima langkah ( GK )
2. Mencorat coret engan alat tulis ( GH )
3. Menunjukan bagian tubuh dan menyebutkan namanya ( BBK )
4. Meniru melakukan pekerjaan rumah tangga ( BM )
Stimulasi yang diperlukan
Gerak kasar
Latih anak berdiri dengan satu kaki
Gerak halus
Ajari anak menggambar bulatan. Garis egutiga dan gambar wajah
Bicara, bahsa dan kecerdasan
Latih anak mengiui perintah sederhana
Bergaul dan mandiri
Latih anak agar mau ditinggalkan untuk sementara waktu
Anak umur 2 – 3 tahun
Tugas pekembangan
1. Berdiri dengan satu kaki tanpa berpegangan, sediitnya dua hitungan ( GK )
2. Meniru membuat garis lurus ( GH )
3. Menyatakan keinginan sedikitnya dengan dua kata ( BBK )
4. Melepas pakaian sendiri ( BM )
Stimulasi yang diperlukan
Gerak kasar
Latih anak melompat dengan satu kaki
Gerak halus
Ajak anak bermain menyusun dan menumpuk balok
Bicara, bahasa dan kecerdasan
Latih anak mengenal bentuk dan warna
Bergaul dan mandiri
Latih anak mencuci tangan dan kaki serta mengeringkan sendiri
Anak umur 3 – 4 tahun
Tugas perkembangan
1. Berjalan jinjit ( GK )
2. Membuat gambar lingkaran ( GH )
3. Mengenal sedikitnya satu warna ( BBK )
4. Mematuhi cara permainan sederhana ( BM )
Stimulasi yang diperlukan anak 3 - 4 tahun
Gerak kasar
Latih anak melopat dengan satu kaki
Gerak halusLatih anak mengunting dan membuat buku cerita dengan gambar
Bicara, bahasa dan kecerdasan
Latih anak mengenal bentuk dan warna
Bergaul dan mandiri
Latih anak mengenal sopan santun, beterima kasih, mencium tangan dan lain lain
Anak umur 4 – 5 tahun
Tugas perkembanagn
1. Berdiri dengan satu kaki ( GK )
2. Dapat mengancingkan baju ( GH )
3. Dapar bercerita sederhana ( BBK )
4. Dapat mencuci tangan sendiri ( BM )
Stimulasi yang diperlukan
Gerak kasar
Beri esempatan anak melakukan permainan yang memerlukan ketangkasan dan kelincahan
Gerak halus
Bantu anak menggambar
Bicara, bahasa dan kecerdasan
Bantu anak mengerti satu eparuh dengan cara membagikan kue / kertas
Bergaul dan mandiri
Latih anak untuk mandiri, misalnya bermain tangga.
sumber : http://askep-askeb-kita.blogspot.com/
Anak umur 5 – 6 tahun
Tugas perkembangan
1. Menangkap bola kasti pada jarak 1 meter ( GK )
2. Membuat gambar egi empat ( GH )
3. Mengenal angka dan huruf serta menghitung ( BBK )
4. Berpakaian sendiri tanpa bantuan ( BM )
Stimulai yang diperlukan
Gerak kasar
Latih anak naik sepeda
Gerak halus
Latih anak kreatif membuat sesuatu dari lilin/tanah liat
Bicara, bahasa dan kecerdasan
Latih anak mengenl waktu hari, minggu dan bulan
Bergaul dan mandiri
Latih anak bercakap cakap dengan temansebayanya.
Anak umur 5 – 6 tahun
Tugas perkembangan
1. Menangkap bola kasti pada jarak 1 meter ( GK )
2. Membuat gambar egi empat ( GH )
3. Mengenal angka dan huruf serta menghitung ( BBK )
4. Berpakaian sendiri tanpa bantuan ( BM )
Stimulai yang diperlukan
Gerak kasar
Latih anak naik sepeda
Gerak halus
Latih anak kreatif membuat sesuatu dari lilin/tanah liat
Bicara, bahasa dan kecerdasan
Latih anak mengenl waktu hari, minggu dan bulan
Bergaul dan mandiri
Latih anak bercakap cakap dengan temansebayanya.
DAFTAR PUSTAKA
Blog Archive
-
2016
(1)
- 09/18 - 09/25 (1)
-
2015
(10)
- 10/11 - 10/18 (1)
- 09/13 - 09/20 (1)
- 09/06 - 09/13 (1)
- 07/05 - 07/12 (1)
- 05/17 - 05/24 (6)
-
2014
(1)
- 04/13 - 04/20 (1)
-
2012
(770)
- 02/19 - 02/26 (5)
- 02/12 - 02/19 (10)
- 02/05 - 02/12 (4)
- 01/29 - 02/05 (27)
- 01/22 - 01/29 (88)
- 01/15 - 01/22 (101)
- 01/08 - 01/15 (169)
- 01/01 - 01/08 (366)
-
2011
(4478)
- 12/25 - 01/01 (336)
- 12/18 - 12/25 (62)
- 12/11 - 12/18 (70)
- 12/04 - 12/11 (77)
- 11/27 - 12/04 (40)
- 11/20 - 11/27 (67)
- 11/13 - 11/20 (198)
- 11/06 - 11/13 (187)
- 10/30 - 11/06 (340)
- 10/23 - 10/30 (32)
- 10/16 - 10/23 (109)
- 10/09 - 10/16 (80)
- 08/14 - 08/21 (75)
- 08/07 - 08/14 (81)
- 07/31 - 08/07 (82)
- 07/24 - 07/31 (66)
- 07/17 - 07/24 (91)
- 07/10 - 07/17 (47)
- 07/03 - 07/10 (44)
- 06/26 - 07/03 (53)
- 06/19 - 06/26 (59)
- 06/12 - 06/19 (47)
- 06/05 - 06/12 (65)
- 05/29 - 06/05 (63)
- 05/22 - 05/29 (77)
- 05/15 - 05/22 (115)
- 05/08 - 05/15 (65)
- 05/01 - 05/08 (104)
- 04/24 - 05/01 (45)
- 04/17 - 04/24 (70)
- 04/10 - 04/17 (134)
- 04/03 - 04/10 (72)
- 03/27 - 04/03 (18)
- 03/20 - 03/27 (47)
- 03/13 - 03/20 (68)
- 03/06 - 03/13 (40)
- 02/27 - 03/06 (56)
- 02/20 - 02/27 (77)
- 02/13 - 02/20 (76)
- 02/06 - 02/13 (198)
- 01/30 - 02/06 (194)
- 01/23 - 01/30 (132)
- 01/16 - 01/23 (196)
- 01/09 - 01/16 (202)
- 01/02 - 01/09 (121)
-
2010
(2535)
- 12/26 - 01/02 (156)
- 12/19 - 12/26 (65)
- 12/12 - 12/19 (73)
- 12/05 - 12/12 (84)
- 11/28 - 12/05 (80)
- 11/21 - 11/28 (68)
- 11/14 - 11/21 (63)
- 11/07 - 11/14 (50)
- 10/31 - 11/07 (50)
- 10/24 - 10/31 (36)
- 10/17 - 10/24 (58)
- 10/10 - 10/17 (35)
- 10/03 - 10/10 (31)
- 09/26 - 10/03 (21)
- 09/19 - 09/26 (26)
- 09/12 - 09/19 (55)
- 09/05 - 09/12 (65)
- 08/29 - 09/05 (33)
- 08/22 - 08/29 (70)
- 08/15 - 08/22 (45)
- 08/08 - 08/15 (35)
- 08/01 - 08/08 (37)
- 07/25 - 08/01 (27)
- 07/18 - 07/25 (19)
- 07/11 - 07/18 (30)
- 07/04 - 07/11 (56)
- 06/27 - 07/04 (28)
- 06/20 - 06/27 (22)
- 06/13 - 06/20 (30)
- 06/06 - 06/13 (21)
- 05/30 - 06/06 (5)
- 05/16 - 05/23 (6)
- 05/09 - 05/16 (29)
- 05/02 - 05/09 (59)
- 04/25 - 05/02 (28)
- 04/18 - 04/25 (38)
- 04/11 - 04/18 (70)
- 04/04 - 04/11 (59)
- 03/28 - 04/04 (65)
- 03/21 - 03/28 (89)
- 03/14 - 03/21 (218)
- 03/07 - 03/14 (95)
- 02/28 - 03/07 (135)
- 02/21 - 02/28 (102)
- 01/03 - 01/10 (68)
-
2009
(1652)
- 12/27 - 01/03 (36)
- 12/20 - 12/27 (22)
- 12/13 - 12/20 (100)
- 12/06 - 12/13 (45)
- 11/29 - 12/06 (24)
- 11/22 - 11/29 (22)
- 11/15 - 11/22 (19)
- 11/08 - 11/15 (28)
- 11/01 - 11/08 (11)
- 10/25 - 11/01 (17)
- 10/18 - 10/25 (38)
- 10/11 - 10/18 (33)
- 10/04 - 10/11 (15)
- 09/27 - 10/04 (21)
- 09/20 - 09/27 (7)
-
09/13 - 09/20
(84)
- Askep dengan Intususepsi
- Askep Neonatus dengan Infeksi Saluran Nafas
- Materi Kesehatan: Konsep Pertumbuhan dan Perkembangan
- Askep Anak dengan Tetanus
- Materi Kesehatan: Stimulasi Perkembangan Anak
- Materi Kesehatan: Permainan dan Perilaku bermain b...
- Materi Kesehatan: Penyakit Kekurangan Energi dan P...
- Materi Kesehatan: Hemostatis
- Askep Anak dengan Gagal Ginjal Kronik
- Askep Anak dengan BBLR
- ASKEP pada Anak ASD, VSD, KOARTASIO AORTA dan Bron...
- Askep Anak dengan Thalasemia
- Askep dengan hyaline Membrane Disease – Respirato...
- Askep dengan Penyakit Jantung Bawaan : Patent Duct...
- Memecahkan Konflik Pada Pekerjaan
- Askep Anak dengan Sepsis Neonatorum
- Askep Anak dengan Morbili
- Askep Anak dengan Meningitis
- PEDOMAN GIZI SEIMBANG UNTUK BAYI DAN ANAK 0-24 BULAN
- INFARK, NEKROSIS DAN GANGREN
- Tumor gaster
- KETOASIDOSIS DIABETIKUM
- ASUHAN KEPERAWATAN PADA KLIEN DENGAN EFUSI PLEURA
- Stroke
- neprolitiasis
- HAEMORRHOID
- asuhan keperawatan Gastroenteritis
- DISFUNGSIONAL UTERINE BLEEDING (DUB)
- RUU KESEHATAN DISAHKAN...
- Mengatasi Alergi Obat
- How a Cup of Hot Coffee Can Treat Asthma Naturally
- Waspada Produk Berbahan Plastik
- Depresi Kerja dan Bagiamana Menghadapinya?
- Askep Benigna Prostat Hipertropi / BPH
- Bisakah lanjut usia berpuasa?
- Sistem Pernafasan Pneumonia Dalam Kehamilan
- Pencegahan Potensi Terjadinya Cedera (Injury Preve...
- Ikan Sehat
- Asuhan Keperawatan Sirosis Hepatitis (Askep Sirosi...
- Post Laparotomi dan Kistektomi
- Secsio Caesarea atas Gemelli (Kehamilan Ganda)
- Hidrosefalus (Hidrocephalus)
- Servisitis dan Adnexitis
- Askeb Ikterus
- Sindroma Gawat Nafas (SGN)
- Sindroma Gawat Nafas (SGN)
- Malpraktik VS Standar Pelayanan Kesehatan
- Eklamsi dan Preklamsi
- Kurangnya Tenaga Spesialis
- Penyakit Menular Seksual
- Menometrorrhagia
- Jahe Meredakan Morning Sickness
- Alkohol Memperbesar Resiko Keguguran pada Ibu Hamil
- Karsinoma Serviks Uteri
- SYOK
- Mutu Pelayanakan Kesehatan di RS dan Kepuasan Kons...
- ASKEP PADA BAYI DGN KOMPLIKASI
- Askeb BBLR dengan Ikterik grade IV
- Askeb Kista Ovarium
- Siklus Haid, Sindrom Pra-Haid dan Gangguan Haid
- Askeb BBLR dengan Ikterik
- Askeb KPD dan Persalinan Preterm
- ASKEP BBL
- Askeb Ca Ovarium
- Sindrom Gawat Nafas (SGN) Pada BBL
- Gambaran Kejadian Abortus dan Faktor-Faktor yang M...
- Perdarahan Post Partum
- Health Provider dan Hukum Praktek
- BAYI BERAT LAHIR RENDAH (BBLR(
- Remaja dan Kontrasepsi
- Pendekatan Mutu dan Kepuasan Pelanggan Dalam Pelay...
- KEHAMILAN
- Berat Badan Lahir Rendah ( BBLR )
- Ikterik Pada Bayi Baru Lahir
- PERSALINAN
- Kehamilan Ektopik
- Pengaruh Program KB Terhadap Pengendalian Penduduk
- Secsio Caesarea atas Indikasi Ketuban Pecah Dini
- Sectio Caesarea atas Indikasi Letak Sungsang
- Peran Pendamping Selama Proses Persalinan
- Pengaruh Program KB Terhadap Pengendalian Penduduk
- Masalah Kurangnya Mutu Layanan Puskesmas Ditinjau ...
- Materi Kesehatan: Kanker Ovarium
- Ramen = mie ala jepang
- 09/06 - 09/13 (35)
- 08/30 - 09/06 (48)
- 08/23 - 08/30 (118)
- 08/16 - 08/23 (26)
- 08/09 - 08/16 (34)
- 08/02 - 08/09 (35)
- 07/26 - 08/02 (31)
- 07/19 - 07/26 (14)
- 07/12 - 07/19 (16)
- 07/05 - 07/12 (28)
- 06/28 - 07/05 (26)
- 06/21 - 06/28 (76)
- 06/14 - 06/21 (26)
- 06/07 - 06/14 (21)
- 05/31 - 06/07 (43)
- 05/24 - 05/31 (38)
- 05/17 - 05/24 (26)
- 05/10 - 05/17 (52)
- 05/03 - 05/10 (15)
- 04/26 - 05/03 (38)
- 04/19 - 04/26 (32)
- 04/12 - 04/19 (22)
- 04/05 - 04/12 (20)
- 03/29 - 04/05 (40)
- 03/22 - 03/29 (43)
- 03/15 - 03/22 (18)
- 03/08 - 03/15 (14)
- 03/01 - 03/08 (22)
- 02/22 - 03/01 (12)
- 02/15 - 02/22 (9)
- 02/08 - 02/15 (11)
- 02/01 - 02/08 (19)
- 01/25 - 02/01 (37)
- 01/18 - 01/25 (21)
- 01/11 - 01/18 (33)
- 01/04 - 01/11 (31)
-
2008
(700)
- 12/28 - 01/04 (13)
- 12/21 - 12/28 (9)
- 12/14 - 12/21 (57)
- 12/07 - 12/14 (5)
- 11/30 - 12/07 (18)
- 11/23 - 11/30 (33)
- 11/16 - 11/23 (31)
- 11/09 - 11/16 (23)
- 11/02 - 11/09 (18)
- 10/26 - 11/02 (11)
- 10/19 - 10/26 (15)
- 10/12 - 10/19 (13)
- 10/05 - 10/12 (25)
- 09/28 - 10/05 (2)
- 09/21 - 09/28 (14)
- 09/14 - 09/21 (19)
- 09/07 - 09/14 (43)
- 08/31 - 09/07 (3)
- 08/24 - 08/31 (33)
- 08/17 - 08/24 (65)
- 08/10 - 08/17 (4)
- 08/03 - 08/10 (26)
- 07/27 - 08/03 (6)
- 07/20 - 07/27 (19)
- 07/13 - 07/20 (18)
- 07/06 - 07/13 (60)
- 06/29 - 07/06 (53)
- 06/22 - 06/29 (49)
- 06/15 - 06/22 (11)
- 06/08 - 06/15 (4)
Popular Posts
-
ASUHAN KEPERAWATAN IBU NIFAS DENGAN PERDARAHAN POST PARTUM A. PengertianPost partum / puerperium adalah masa dimana tubuh menyesuaikan, baik...
-
KTI KEBIDANAN HUBUNGAN USIA TERHADAP PERDARAHAN POSTPARTUM DI RSUD BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Kesehatan wanita merupakan hal yang s...
-
Setelah beberapa minggu ini cari materi buat postingan baru, mendadak dapat inspirasi setelah rekan Anton Wijaya menulis di buku tamu Keper...
-
PATHWAY ASFIKSIA NEONATORUM Klik pada gambar untuk melihat pathway Download Pathway Asfiksia Neonatorum Via Ziddu Download Askep Asfiksia N...
-
DEFINISI Ikterus ialah suatu gejala yang perlu mendapat perhatian sungguh-sungguh pada neonatus. Ikterus ialah suatu diskolorasi kuning pa...
-
Metode Kalender atau Pantang Berkala (Calendar Method Or Periodic Abstinence) Pendahuluan Metode kalender atau pantang berkala merupakan met...
-
Pathway Combustio Klik Pada Gambar Untuk melihat pathway Download Pathway Combustio Via Ziddu Tag: Pathways combustio , pathways luka baka...
-
Pathway Hematemesis Melena Klik pada gambar untuk melihat pathway Download Pathway Hematemesis Melena Via Ziddu
-
PROSES KEPERAWATAN KOMUNITAS Pengertian - Proses keperawatan adalah serangkaian perbuatan atau tindakan untuk menetapkan, merencana...
-
Metode Suhu Basal Tubuh (Basal Body Temperature Method) Suhu tubuh basal adalah suhu terendah yang dicapai oleh tubuh selama istirahat atau ...
© ASUHAN KEPERAWATAN 2013 . Powered by Bootstrap , Blogger templates and RWD Testing Tool Published..Gooyaabi Templates